Home / Elektronika / Penyebab Lampu LCD Laptop Mati

Penyebab Lampu LCD Laptop Mati

Laptop tanda lampu lcdnya mati? Marilah kita bahas tentang penyebab lampu LCD Laptop mati. Memang, kadangkala layar LCD pada laptop tidak menyala di saat laptop dihidupkan. Terdapat kemungkinan yang bisa terjadi pada masalah tersebut, yakni pada penggunaan sebelumnya terjadi permasalahan pada software dan juga permasalahan pada hardware, contohnya adalah terjadinya overheat berlebihan di prosesor, terjadinya konsleting dan sejumlah kondisi normal lainnya.

Penyebab Lampu LCD Laptop Mati

Layar LCD yang dengan tiba-tiba mati pada saat kondisi laptop sedang menyala, disebabkan oleh dumb Crash memori, sebuah crash yang dialami oleh VGA serta kondisi Crash yang dialami di sistem.

Adapun sejumlah solusi yang bisa ditempuh oleh anda guna memperbaiki layar LCD notebook atau laptop maupun netbook yang tidak menyala atau mati adalah seperti di bawah ini.

Solusi yang sangat sederhana pada saat layar LCD laptop dengan tiba-tiba mati pada saat kondisi laptop dalam keadaan menyala yaitu dengan cara mematikan laptop maupun shutdown dengan paksa. Apabila sumber permasalahan disebabkan oleh software, yakni seperti terjadinya masalah dumb, crash, Crash VGA, sistem Crash dan juga memori. Uraian sederhananya yakni terdapat file yang pada saat sedang dioperasikan tidak bisa dieksekusi di sistem, sehingga layar pada LCD tidak bisa menyala maupun tidak mampu menampilkan gambar. Solusi tersebut hanya jika disebabkan oleh software yang mengalami masalah.

Baca Juga:   Skema Rangkaian Sensor Cahaya Untuk Membuat Lampu Menyala Otomatis

Solusi berikutnya yaitu melepas baterai pada laptop, lalu membiarkannya terpisah dengan durasi sekitar 5 menit sampai 10 menit. Solusi tersebut dikerjakan Sebab dikhawatirkan terjadi sejumlah masalah pada bagian supply listrik di laptop, di mana hal tersebut bisa menimbulkan kinerja dari memori, prosesor, serta IC pada bagian board yang lain mengalami gangguan.

Selanjutnya, setelah membiarkan sekitar 5 menit sampai dengan 10 menit, silakan Anda pasang kembali baterai laptop sesuai dengan aslinya, hal tersebut memiliki tujuan supaya bisa membuat electricity reset di hardware laptop yang sudah bekerja. Dengan jalan seperti itu, apabila perangkat keras atau hardware di laptop tidak terdapat kerusakan, maka akan menjadikan semua hardware akan bisa bekerja kembali dengan optimal.

Apabila solusi-solusi di atas tidak juga bisa menyalakan layar LCD laptop, maka solusi berikut ini cukup berat Yakni dengan cara membongkar laptop milik anda. Selanjutnya, silakan Anda melepaskan Sejumlah part yang terpasang pada mainboard, dimana komponen paling utama yakni prosesor dan juga kipas serta kabel fleksibel LCD. Apabila dibutuhkan, silakan dibersihkan beberapa komponen yang ada di dalam laptop. Selanjutnya silakan Anda kembali pasang seluruh komponen yang sebelumnya sudah anda bongkar.

Baca Juga:   Cara Kerja Sistem Pendingin AC Secara Umum

Sekian orang singkat tentang penyebab lampu LCD Laptop mati dan beberapa hal yang bisa anda tempuh untuk memperbaiki permasalahan tersebut. Walaupun sederhana, semoga saja artikel diatas bisa bermanfaat dan dijadikan referensi pada proses perbaikan lampu LCD laptop yang mati tersebut.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu LCD HP Mati

Penyebab Lampu LCD HP Mati Dan Cara Memperbaikinya

Apakah anda pernah mengalami di mana ponsel Anda lampu LCD-nya mati? Apabila Iya, maka pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *