Home / Otomotif / Sepeda Motor / Penyebab Lampu LED Motor Redup Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Lampu LED Motor Redup Dan Cara Mengatasinya

Dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat di waktu sekarang ini, semua unsur kehidupan secara keseluruhan maupun secara global ikut mengalami perkembangan guna mengikuti perkembangan yang sudah ada. Tidak bisa dipungkiri bahwa sanya perkembangan teknologi sudah memberikan berbagai macam efek positif yang sangat dapat dirasakan pada setiap masyarakat Indonesia, bahkan dunia.

Penyebab Lampu LED Motor Redup

Namun, disamping adanya efek positif, tentunya juga terdapat efek negatif yang alangkah baiknya kita harus antisipasi dengan cukup cepat, tergantung dari pola pikir dan sudut pandang kita masing-masing guna memberikan penilaian pada teknologi tersebut.

Membicarakan tentangteknologi, maka kita tidak akan bisa terlepas dari teknologi yang sekarang ini sudah cukup banyak digunakan di kendaraan roda dua atau yang kerap dikenal dengan istilah sepeda motor. Teknologi yang sekarang ini digunakan atau diusung oleh sejumlah pabrikan sepeda motor semakin canggih serta mengikuti perkembangan zaman yang modern.

Kondisi tersebut tentunya sudah diterapkan oleh rata-rata pabrikan sepeda motor, sebab semakin hari tentunya cukup banyak kompetitor yang saling berlomba-lomba guna membuat gagasan atau inovasi dengan sejumlah itu cermelang untuk memperoleh berbagai macam produk yang semakin disenangi oleh setiap konsumennya.

Penyebab lampu LED motor redup atau foto serta cara mengatasinya

Adapun salah satu teknologi yang sekarang ini diterapkan pada sepeda motor yaitu sistem lampu yang memakai LED sebagai pengganti bohlam lampu. Lampu LED sangat dirasakan lebih efisien dan lebih canggih dibandingkan dengan jenis lampu bohlam biasa dan tentunya lampu LED dinilai jauh lebih hemat dan lebih unggul Apabila dibandingkan dengan lampu yang sejenis. Oleh sebab itulah maka lampu LED sudah cukup banyak dipakai oleh sejumlah pabrikan sepeda motor di saat sekarang ini.

Namun, meskipun lampu LED diklaim sebagai lampu yang lebih unggul dibandingkan dengan jenis lampu yang lainnya, namun bukan berarti bahwa jenis lampu LED tidak mempunyai kekurangan atau tidak pernah mengalami permasalahan pada saat dipakai. Adapun salah satu jenis permasalahan yang rata-rata dialami oleh pengguna lampu LED adalah lampu LED yang menyala redup. Kondisi tersebut tentunya tidak jauh berbeda pada jenis lampu yang lainnya. Selain itu kadangkala lampu led sepeda motor juga mengalami mati, efek dari lampu LED yang meredup dibiarkan Terus.

Baca Juga:   Cara Membuat Bahan Bakar Dari Air Kelapa

Pada postingan kali ini, penulis akan mencoba untuk menginformasikan bagi teman-teman semuanya Mengenai penyebab lampu LED motor redup serta cara mengatasinya. Marilah kita bahas satu demi satu permasalahan tersebut.

1. Batas umur dari lampu LED

Penyebab lampu LED motor redup yang pertama yaitu mengenai batas umur. Meskipun sudah menggunakan jenis lampu LED, namun jenis lampu tersebut juga memiliki masa pakai atau yang sering dikenal dengan istilah Life Time. Secara normal, lampu LED mempunyai masa penggunaan sekitar 30.000 jam. Oleh sebab itu, jika anda sudah merasakan penggunaan lampu LED telah mencapai pada angka 30.000 jam, maka anda tentunya tidak perlu lagi bertanya-tanya maupun menyalakan lampu LED apabila lampu tersebut sudah mulai meredup. Sebab, batas pakai atau batas umur dari lampu LED tersebut sudah berakhir.

2. Terus listrik yang tidak standar ketika penerimaan

Adapun penyebab lampu LED motor redup yang kedua yaitu mengenai arus listrik yang tidak standar atau tidak sesuai. Secara umum, besarnya arus listrik maksimal yang dapat diterima oleh lampu LED yakni sekitar 20 mili amper. Jika arus listrik yang diterima melebihi dari batas maksimal, maka bisa membuat lampu LED meredup walaupun lampu LED yang anda miliki sangat berkualitas. Bahkan, tidak menutup kemungkinan lampu LED akan mati.

Oleh sebab itulah, sangat disarankan bagi Anda yang memakai lampu LED di sepeda motor, sebelum mengganti ataupun memasangnya Anda harus memastikan bahwa arus listrik yang hendak Anda Salurkan tidak melampaui batas maksimal, sebab pada sejumlah kasus di sistem pengaturan arus tidak mendapat perhatian oleh setiap pemakainya, sehingga membuat lampu LED bisa meredup dan mati sama sekali. Arus listrik yang tepat tentunya akan membuat fungsi dari lampu LED menjadi lebih maksimal.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Yamaha Dan Honda

3. Tidak memasang modul khusus di sepeda motor

Sebelum anda memasang lampu LED di sepeda motor, anda tidak memasang terlebih dahulu perangkat modul khusus di sepeda motor anda. Perangkat tersebut adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur supaya sistem arus listrik di sepeda motor bisa diterima dengan cukup baik oleh lampu LED.

Adapun sistem kerja dari modul khusus tersebut Yakni dengan cara membuat arus listrik menjadi lebih stabil yang nantinya diterima oleh bagian lampu LED berdasarkan kebutuhan serta kapasitasnya. Apabila sebelumnya Anda tidak memasang modul tersebut, maka bisa dipastikan bahwa arus listrik yang masuk ke dalam lampu LED tidak akan teratur yang bisa menimbulkan lampu LED tersebut Meredup dan pada akhirnya akan mati total.

4. Modul khusus yang tidak menggunakan Heatsink

Anda juga harus memastikan ketika memasang modul khusus tersebut, anda menempelkan atau memasang secara berdampingan heatsink yang berguna sebagai alat pendingin. Heatsink tersebut rata-rata berbahan dasar aluminium. Jika anda sudah memasang modul khusus, namun tidak dilengkapi dengan heatsink sebagai pendingin, maka hal tersebut akan menjadi percuma, sebab rata-rata modul yang anda pasang dapat cepat rusak disebabkan oleh panas yang berlebihan. Oleh sebab itu, guna menghindari kondisi tersebut, maka anda harus memastikan untuk menempelkan heatsink pada modul khusus tersebut.

5. Terjadinya konslet di bagian kabel

Jika terjadi konslet di bagian kabel yang mengarah ke modul LED yang terdapat pada sepeda motor Anda maka hal tersebut bisa menyebabkan lampu LED merk. Guna mengantisipasi kondisi tersebut, Alangkah baiknya apabila anda memakai pengaman berupa komponen sekring. Sebelum bagian kabel body masuk ke dalam Modul khusus yang hendak Anda pasang di sepeda motor Anda, silakan Anda pasang 1 buah sekring. Apabila anda telah memakai komponen pengaman tersebut, maka tentunya Anda bisa meminimalisir berbagai macam kerusakan yang terjadi pada lampu LED jika terjadi konsleting.

Baca Juga:   Sistem Kerja Piston Pada Sepeda Motor

6. Kapasitas resistor yang lebih besar

Adapun kapasitas resistor yang terpasang pada lampu LED yang akan anda pakai nilainya lebih besar dibandingkan dengan Nilai kapasitas lampu LED itu sendiri. Dengan demikian, maka lampu LED tidak akan Mampu untuk menahan arus listrik yang masuk dan pada akhirnya secara perlahan-lahan lampu LED akan semakin meredup dan mati.

7. Perawatan rutin tidak dilakukan

Adapun hal yang menimbulkan lampu LED motor redup yang terakhir disebabkan akibat kurang perawatan. Seperti yang sudah pernah penulis sampaikan di artikel yang lain, bahwaapapun walaupun harganya mahal, jika tidak dirawat atau tidak dijaga dengan sebaik-baiknya, maka rata-rata tidak akanbisa bertahan cukup lama berdasarkan Life Time yang telah ditentukan oleh pembuatnya.

Termasuk adalah lampu LED maupun bagian yang lain pada sepeda motor Anda alangkah baiknya selalu dirawat dan dilakukan pengecekan secara rutin supaya kinerja maupun performa yang dimilikinya tetap dalam kondisi terjaga. Tentunya Sudah Selayaknya proses perawatan harus mendapat perhatian sebab cara merawat lampu LED pada umumnya adalah sama dengan cara merawat mesin di sepeda motor.Bagian yang paling penting, Pahamilah Langkah Demi Langkah dengan cukup baik.

Baiklah, mungkin sampai disini dulu pembahasan mengenai penyebab lampu LED motor redup dan cara mengatasinya. Semoga saja, permasalahan lampu LED pada sepeda motor Anda yang semakin hari semakin meredup sudah bisa ditangani dengan baik setelah membaca referensi artikel ini. Terima kasih dan selamat mencoba, Semoga berhasil.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Indikator Vixion Menyala Atau Berkedip

Penyebab Lampu Indikator Vixion Menyala Atau Berkedip

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba mengulas tentang penyebab lampu indikator Vixion menyala …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *