Home / Otomotif / Sepeda Motor / Penyebab Lampu Motor Mati Dan Langkah Pasti Perbaikannya

Penyebab Lampu Motor Mati Dan Langkah Pasti Perbaikannya

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk mengulas materi tentang penyebab lampu motor mati. Tentunya, materi tersebut merupakan materi yang cukup penting bagi kita semua, terlebih bagi yang sering menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi di malam hari tentunya memahami penyebab lampu motor mati sekaligus langkah-langkah perbaikannya adalah salah satu hal yang sangat penting.

Penyebab Lampu Motor Mati

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sanya lampu adalah salah satu bagian yang sangat penting pada sebuah sepeda motor, sebab apabila sepeda motor tidak mempunyai lampu, maka alat penerangan pada saat berkendara di malam hari sangat terbatas. Di samping itu, pada kondisi sekarang ini, baik itu di malam hari maupun di siang hari haruslah tetap menyalakan lampu utama pada sepeda motor, yang sebab apabila lampu pada sepeda motor dimatikan, maka siap-siap saja untuk ditilang oleh pak polisi. Lantas, apakah yang menjadi penyebab lampu motor mati? Berikut ini adalah uraiannya

Penyebab Lampu Motor Mati Beserta Cara Memperbaikinya

Ada sebuah gejala dimana ketika sepeda motor di geber pada RPM tinggi, maka lampu pada sepeda motor akan putus. Selain itu, ada pula berbagai macam permasalahan lainnya yang bisa mengakibatkan lampu headlamp atau lampu utama sepeda motor mati. Selain itu, pada kesempatan yang baik ini pula Saya akan mencoba untuk membahas Bagaimana cara mengatasi permasalahan pada lampu sepeda motor yang mati tersebut.

1. Kiprok yang mengalami kerusakan

Pada saat kiprok mengalami kerusakan, maka hal tersebut akan menimbulkan arus listrik yang mengalir menuju ke bagian lampu menjadi berlebihan, dan hal tersebut akan mengakibatkan lampu menjadi cepat sekali putus atau panas yang pada akhirnya akan menimbulkan putus pada kawat filamen nya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan secepat mungkin mengganti kiprok yang rusak dengan kiprok yang baru.

Adapun fungsi dari kiprok yaitu sebagai alat penyerap tegangan yang berasal dari spul serta memberikan batasan besarnya tegangan dan arus listrik yang masuk menuju ke bagian aki motor dan juga pada sistem kelistrikan sepeda motor yang lainnya. Adapun bohlam lampu utama pada sepeda motor yang sering kali mati tentunya dikarenakan oleh besarnya tegangan yang masuk ke dalam lampu tersebut di mana tegangan tersebut hasil output dari kiprok yang Sudah tidak bisa berfungsi dengan semestinya sehingga tegangan output dari kiprok yang menuju ke lampu terlalu besar.

Baca Juga:   Cara Mengatasi Knalpot Bocor Paling Benar

2. Komponen spul penerangan yang sudah rusak

Hal yang lain yang bisa membuat lampu motor mati adalah bagian spul yang sudah rusak. Spul penerangan yang dimaksud disini adalah spul yang sudah tidak bisa normal dalam bekerja. Hal tersebut tentunya akan menimbulkan besarnya arus listrik yang masuk kedalam kiprok tidak standar lagi. Untuk mengatasi hal tersebut, maka silakan Anda lakukan penggulungan ulang pada spul, atau apabila anda tidak ingin repot maka anda bisa menggantinya dengan yang baru.

3. Dudukan lampu atau rumah lampu sudah goyang atau jelek

Kondisi tersebut tentunya amat berpengaruh terhadap kondisi dari bohlam lampu sepeda motor. Untuk itulah, apabila anda mendapati permasalahan tersebut, Alangkah baiknya apabila anda segera mengganti rumah lampu atau dudukan lampu dengan yang baru supaya bohlam lampu bisa terpasang dengan kuat pada tempatnya.

4. Kurangnya massa pada kiprok atau pada lampu

Langkah mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan cara melakukan pengecekan kabel yang berwarna hitam yang menuju ke arah Lampung atau lakukan pengecekan pola pada bagian magnet pada komponen kiprok dengan cara melakukan pengecekan baut pengikat kiprok, lakukan pemeriksaan dari adanya bagian yang berkarat atau permasalahan yang lainnya. Di samping bisa menimbulkan lampu utama sering putus, Berdasarkan pengalaman di lapangan juga menjadikan nyala lampu merk, sebab massa yang berasal dari kiprok sudah berkurang.

Di sistem penerangan, khususnya adalah headlamp, kiprok atau yang sering dikenal dengan istilah regulator atau rectifier di samping memiliki kegunaan untuk mengubah arus AC yang berasal dari spul ke arus DC untuk pengisian dari aki, komponen kiprok juga memiliki fungsi untuk membatasi tegangan yang dikeluarkan oleh bagian koil spul Yang terlalu besar. Oleh sebab itu, komponen kiprok berfungsi untuk membatasi atau mereduksi tegangan yang mengarah ke bagian lampu agar tegangan tidak melewati dari kapasitas atau kemampuan Bohlam lampu itu sendiri. Tegangan yang terlampau besar melewati kapasitas dari lampu akan menjadikan kawat filamen Pada lampu lebih cepat putus.

Baca Juga:   Penyebab Lampu Sein Motor Tidak Berkedip

5. Bohlam lampu yang sudah putus

Kondisi bohlam lampu yang telah putus tentu menyebabkan tidak menyala nya bohlam lampu pada sepeda motor. 1 cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan cara mengganti bohlam lampu dengan yang baru. Tentunya, proses penggantian bohlam lampu tersebut tidak memerlukan biaya terlalu tinggi.

6. Bagian saklar yang kotor.

Saklar adalah salah satu komponen pada sepeda motor yang memiliki fungsi guna menyalakan atau mematikan lampu. Permasalahan yang sangat sering terjadi di komponen tersebut adalah terdapatnya karatan atau kotoran yang bisa menghambat atau mengganggu arus listrik yang hendak masuk ke bohlam lampu. Langkah mengatasinya yaitu dengan cara melepas saklar, kemudian melakukan pembersihan pada kotoran atau karatan memakai amplas halus atau dapat pula dengan menggunakan cairan anti karat.

7. Gangguan di soket lampu

Adapun gangguan yang kerap terjadi pada soket lampu adalah terdapatnya banyak kotoran yang menempel pada bagian ujung soket dan pemasangan lampu yang tidak sempurna pada soket sehingga menjadikan bohlam lampu tidak mau menyala. Oleh sebab itu proses pemasangan bohlam lampu pada soket haruslah mendapat perhatian khusus.

8. Kualitas bohlam yang buruk

Bohlam lampu yang original atau asli buatan pabrik rata-rata akan memiliki ketahanan dan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan bohlam non pabrikan atau kelas KW. Oleh karena itu, pada saat bohlam lampu sudah pernah diganti, terkadang akan menjadikan nyala lampu menjadi tidak begitu sempurna apabila digantinya menggunakan spare part bohlam lampu yang tidak asli atau original pabrikan lagi.

9. Adanya penambahan atau modifikasi bagian aksesoris

Meskipun kelihatannya gaul dan keren pada saat Anda menambahkan aksesoris di kendaraan, Namun apabila tidak dikerjakan dengan proses yang cepat, maka kondisi tersebut bisa menjadikan sumber kerusakan pada sistem kelistrikan Pada sepeda motor dan tentunya bisa membahayakan pada bagian lampu utama sepeda motor anda.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Byson

10. Pakailah lampu sesuai dengan tegangan pada kendaraan sepeda motor

Supaya lampu headlamp di sepeda motor bisa awet dan bertahan lama, alangkah baiknya memakai lampu berdasarkan tegangan serta arus yang direkomendasikan oleh buku manual. Apabila anda hendak memakai lampu yang memiliki tegangan kerja lebih tinggi dari yang seharusnya, maka dapat dipastikan bahwa bohlam lampu tersebut akan lebih cepat Padam dibandingkan dengan umur normalnya

11. Plastik konektor

Penyebab yang lainnya di mana lampu motor mati adalah bagian konektor plastik pada saklar jarak jauh yang meleleh karena kepanasan. Kondisi tersebut tentunya akan menimbulkan terjadinya konslet serta menimbulkan sekring Pada lampu utama terputus sehingga bohlam lampu tidak akan mau sama sekali.

Namun, hal yang paling penting untuk memperoleh perhatian dari seluruh Point yang sudah disebutkan di atas yakni tentang regulator rectifier untuk Komponen kiprok. Sebab, komponen kiprok merupakan komponen yang sangat mempengaruhi terhadap sistem kelistrikan secara keseluruhan pada sepeda motor sehingga tentu berpengaruh terhadap sisi keawetan pada bohlam sepeda motor.

Komponen kiprok memiliki fungsi guna mensuplai pada bagian pengisian ke Aki dan juga memiliki fungsi sebagai alat penstabil tegangan serta arus listrik yang nantinya diterima oleh bohlam lampu pada headlamp sepeda motor anda. Tentunya, anda bisa membayangkan apabila bagian yang satu ini mengalami kerusakan atau sudah tidak bisa berfungsi dengan normal. Oleh sebab itu, silahkan anda lakukan perawatan dengan sebaik-baiknya.

Sekian penjabaran singkat tentang 11 penyebab lampu motor mati yang bisa anda pahami dan anda analisa dengan cukup mudah dan Diharapkan anda bisa mempraktekkannya secara langsung apabila lampu pada sepeda motor Anda sering kali mati. Terima kasih dan selamat mencoba, Semoga berhasil.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Indikator Xeon Nyala

Penyebab Lampu Indikator Xeon Nyala Terus

Ketika pulang dari kantor, satu unit Yamaha Xeon baru sedang parkir tepat persis di sebelah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *