Home / Otomotif / Sepeda Motor / Penyebab Lampu Motor Mati Total Lengkap Dengan Tahap Perbaikannya

Penyebab Lampu Motor Mati Total Lengkap Dengan Tahap Perbaikannya

Halo, apa kabar semuanya? Di hari yang baik ini saya akan mencoba untuk sharing tentang penyebab lampu motor mati total. Namun, sebelumnya tentu perlu di ketahui bersama bahwa sistem kelistrikan pada sepeda motor adalah salah satu bagian yang memiliki peranan amat penting, terlebih pada kendaraan yang sudah menganut sistem injeksi.

Penyebab Lampu Motor Mati Total

Sepeda motor yang sudah menerapkan sistem injeksi tentunya amat sangat memerlukan kelistrikan, yakni guna menyalakan mesin sepeda motor menggunakan electric starter. Di samping itu, sistem kelistrikan juga tentunya dipakai pada sejumlah lampu, misalnya adalah lampu sein, lampu dekat, lampu jauh, klakson dan beberapa komponen pada sepeda motor yang lainnya. Hanya saja, suatu saat mungkin anda memperoleh ujian di mana sistem kelistrikan pada sepeda motor mati total termasuk adalah bagian lampunya.

Penyebab lampu motor mati total

Pada uraian di bawah ini akan disampaikan sejumlah penyebab kelistrikan di motor mati total yang bisa saya rangkum dari sejumlah sumber. Silakan disimak.

  1. Skun kabel pada aki terlepas. Permasalahan pertama bisa kita tengok pada bagian skun kabel yang dipasang pada aki. Melakukan pemeriksaan apakah dalam kondisi terlepas atau tidak. Apabila pada poin pertama ini tidak ditemukan permasalahan, maka lanjutkan pemeriksaan pada bagian berikutnya.
  2. Komponen sekring. Sekering adalah salah satu komponen yang sangat penting pada sistem kelistrikan. Sekring memiliki fungsi sebagai alat untuk memutuskan arus jika terjadi konsleting. Rata-rata, sebuah kendaraan akan mengalami mati total disebabkan oleh sikring yang terputus. Namun demikian, apabila komponen sering terputus, maka tentunya anda bisa untuk segera menggantinya dengan komponen sekring yang baru supaya kendaraan bisa berfungsi secara normal. Akan tetapi, apabila sekring tetap kembali putus, maka anda harus lebih berhati-hati dikarenakan terdapat kabel yang konslet maupun kabel yang terbuka serta kondisinya menempel pada bagian bodi sepeda motor.

Sejumlah warna yang digunakan pada sekring lengkap dengan kapasitas arusnya

Warna pink memiliki kapasitas maksimal arus 4 ampere

Warna ungu memiliki kapasitas maksimal arus 3 ampere

Warna hijau memiliki kapasitas maksimal arus 30 ampere

Warna putih memiliki kapasitas maksimal arus 25 ampere

Warna kuning memiliki kapasitas maksimal 20 ampere

Warna biru memiliki kapasitas maksimal 15 ampere

Warna merah memiliki kapasitas maksimal 10 ampere

Warna coklat memiliki kapasitas maksimal 7,5 ampere

Warna orange memiliki kapasitas maksimal 5 ampere

Ingatlah apabila sepeda motor anda secara tiba-tiba mengalami mati total, maka janganlah melakukan proses penyambungan kelistrikan tanpa memakai sekring. Sebab, dari sejumlah kasus yang sudah terjadi pada sepeda motor justru akan menimbulkan risiko terbakarnya sepeda motor yang disebabkan oleh penyambungan kabel tanpa memakai sekring. Oleh sebab itu, pakailah selalu sekring berdasarkan kapasitas arus maksimal di sepeda motor masing-masing.

  1. Aki yang sudah soak atau drop. Aki yang sudah drop tentunya bisa menimbulkan motor tidak dapat dinyalakan atau dengan bahasa lainnya adalah mati total. Pada sejumlah sepeda motor yang menggunakan sistem kelistrikan fullwave, maka jika aki mengalami drop, maka sepeda motor tidak akan dapat dihidupkan. Rata-rata, apabila aki drop maka yang anda rasakan adalah seperti sepeda motor yang kekurangan bahan bakar.
  2. Regulator atau kiprok. Apabila komponen kiprok sudah rusak ataupun tidak bisa berfungsi maka akan menimbulkan aki drop yang terjadi secara terus-menerus. Meskipun aki sudah diganti dengan yang baru, apabila komponen kiprok tidak bisa bekerja dengan normal, maka akan tetap membuat kembali mengalami drop.
  3. Komponen spul. Komponen spul adalah bagian sistem kelistrikan yang sangat penting. Apabila seluruh komponen yang sudah diterangkan di atas setelah mendapatkan perbaikan maupun di ganti, namun apabila tidak terjadi perubahan perbaikan, maka bagian yang harus diganti selanjutnya adalah spul.

Sekian lah uraian singkat tentang penyebab lampu motor mati total sehingga anda memiliki referensi sekaligus pandangan umum bagaimana cara mengatasi lampu sepeda motor yang menyala redup tersebut. Terima kasih atas kunjungannya.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Listrik pada Sepeda

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung CC Motor

Cara Menghitung CC Motor Yang Wajib Diketahui Oleh Siapapun

Sebenarnya, Para produsen sepeda motor tentunya sudah menginformasikan kapasitas mesin sepeda motor yang mereka produksi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *