Home / Otomotif / Sepeda Motor / Penyebab Lampu Motor Sering Putus Yang Kerap Dialami Pengendara

Penyebab Lampu Motor Sering Putus Yang Kerap Dialami Pengendara

Selamat pagi teman-teman sekalian, pada hari yang cerah ini penulis akan mencoba untuk membahas tentang penyebab lampu motor sering putus. Tentunya, artikel ini akan dilengkapi dengan solusi Bagaimana cara mengatasi lampu motor yang sering putus tersebut. Bisa dikatakan bahwa lampu pada sepeda motor merupakan bagian yang sangat penting, sebab apabila sepeda motor Anda tidak mempunyai lampu penerangan, maka tentunya Anda akan merasa kesulitan berkendara ketika hari sudah gelap.

Penyebab Lampu Motor Sering Putus

Terlebih, sekarang ini ada kewajiban untuk setiap pengendara sepeda motor supaya menyalakan lampu nonstop selama sepeda motor itu digunakan, entah itu di malam hari, pagi hari, siang hari dan juga sore hari. Apabila tidak dinyalakan, maka tentunya akan berpotensi untuk ditilang oleh Polisi. Tentunya, apabila kondisi lampu sepeda motor terus dinyalakan akan berpengaruh terhadap umur dari bohlam lampu itu sendiri. Artinya, umur dari lampu motor akan semakin pendek.

Akan tetapi, apabila bohlam lampu mati karena usia, maka hal tersebut merupakan hal yang cukup wajar dan tentunya memang sudah saatnya untuk diganti.Namun, apabila lampu pada sepeda motor belum lama diganti karena mati, kemudian mati lagi, maka tentunya Ada sejumlah komponen pada sepeda motor yang tidak berfungsiatau mengalami kerusakan. Tentunya, apabila hal tersebut sering terjadi tentu akan sangat menjengkelkan, dan juga akan membuat pengeluaran semakin boros.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Speedometer Motor Karisma

Adapun gejala bohlam lampu sepeda motor mati biasanya ketika putaran gas RPM sedang tinggi atau di geber. Dari latar belakang itu, penulis akan mencoba untuk memberikan informasi mengenai penyebab dan cara memperbaiki lampu motor yang sering mati atau sering putus tersebut. Adapun penyebab yang kerapkali melanda pada permasalahan tersebut adalah adanya komponen yang telah lemah sehingga pada akhirnya arus dan tegangan listrik yang masuk kedalam bohlam lampu menjadi kurang stabil.

Penyebab lampu motor sering putus

Untuk lebih jelasnya, Berikut ini adalah rangkuman tentang penyebab lampu motor sering putus. Silakan disimak.

Penyebab yang pertama adalah komponen kiprok yang telah rusak. Ketika komponen kiprok mengalami kerusakan, maka hal tersebut akan menimbulkan arus listrik yang masuk ke bagian bohlam lampu menjadi lebih tinggi dibandingkan yang dibutuhkan. Kondisi tersebut tentunya akan menimbulkan bohlam lampu menjadi lebih panas dan pada akhirnya cepat putus. Guna mengatasi permasalahan tersebut, maka jalan satu-satunya adalah dengan mengganti kiprok dengan yang baru.

Selain untuk membatasi Untuk membatasi besarnya tegangan listrik yang masuk ke bohlam lampu, kiprok juga memiliki fungsi untuk menyearahkan Arus listrik AC Yang berasal dari spul dan digunakan untuk mencas aki. Bohlam Pada lampu utama sepeda motor yang kerap kali mati disebabkan oleh tegangan listrik yang masuk ke bohlam lampu terlalu besar, dikarenakan komponen kiprok yang tidak mampu lagi memberikan batasan tegangan keluaran ke bohlam lampu.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Honda Sonic

Disamping itu, Apabila Anda menemukan bohlam lampu sepeda motor yang kerap mati pada saat sepeda motor di gas penuh atau RPM tinggi, maka hal yang perlu dicurigai mengalami kerusakan adalah bagian kiprok.

Penyebab lampu motor sering putus yang kedua adalah bagian spul penerangan yang setelah error. Spul penerangan pada kondisi tersebut tentu sudah tidak lagi bisa bekerja secara normal. Sehingga, kondisi tersebut menimbulkan arus listrik yang masuk ke komponen kiprok menjadi tidak standar. Guna mengatasi permasalahan tersebut, anda bisa menggulung spul kembali, Namun apabila anda ingin praktis maka anda bisa mengganti langsung dengan yang baru.

Penyebab lampu motor yang sering putus berikutnya adalah dudukan lampu ataupun rumah lampu sudah goyang atau berkualitas jelek. Kondisi tersebut tentunya amat berpengaruh terhadap kesehatan dari bohlam lampu itu sendiri. Apabila anda mengalami hal tersebut, alangkah baiknya untuk segera mengganti dudukan lampu supaya lampu utama pada sepeda motor tidak sering mati.

Selain bagian kiprok yang telah rusak, masalah yang rata-rata kerap dijumpai pada bengkel yaitu kurangnya massa baik pada kiprok maupun pada lampu. Untuk memastikannya, silakan Anda lakukan pengecekan di bagian kabel yang menuju ke lampu pada kabel warna hitamnya serta melakukan pengecekan pola pada bagian masa kiprok. Bagian pada kiprok yang perlu dicek adalah pada bagian baut Serta adanya potensi karat pada kiprok. Di samping dapat menimbulkan masalah pada lampu yang sering putus, kondisi di lapangan yang kerap memperlihatkan Lampu menyala dengan redup disebabkan oleh kurangnya massa.

Baca Juga:   Komponen Mesin Motor 2 Tak Dan Fungsinya

Di sistem penerangan, khususnya adalah pada headlamp, komponen regulator, kiprok atau rectifier di samping memiliki kegunaan untuk mengubah tegangan listrik AC yang berasal dari spul menjadi tegangan listrik DC untuk keperluan charge aki, bagian kiprok juga memiliki kegunaan untuk membatasi besarnya tegangan listrik yang masuk menuju ke bohlam lampu utama. Apabila tegangan listrik yang berasal dari spul atau coil melebihi batas, maka kiprok memiliki peranan untuk membatasi atau mereduksi tegangan yang mengarah ke bohlam lampu agar tegangan listrik tidak melebihi dari kapasitas kemampuan dari bohlam lampu itu sendiri.

Demikianlah Uraian singkat tentang penyebab lampu motor sering putus yang bisa saya Uraikan di kesempatan kali ini. Semoga saja, walaupun sederhana, artikel di atas bisa berguna dan bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat bereksperimen, Semoga berhasil.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Vario 110 Mati

Penyebab Lampu Vario 110 Mati Dan Proses Jitu Perbaikannya

Lampu merupakan perangkat penerangan yang amat vital di kendaraan roda dua maupun roda empat. Khususnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *