Home / Elektronika / Sistem Kerja Motor LIstrik

Sistem Kerja Motor LIstrik

Motor listrik adalah sala,erangkat elektromagnetik yang berfungsi untuk melakukan perubahan energi listrik menjadi energi mekanik. Banyak sekali pemakaian energi mekanik di dalam kehidupan sehari-hari, misalnya adalah untuk memutar Blora Taufan, memutar impeller pompa, mengangkat bahan, menggerakkan kompresor, dan beberapa fungsi yang lainnya.

Sistem Kerja Motor LIstrik

Guna bisa memaksimalkan kinerja dari motor listrik, maka tentunya sistem kerja motor listrik perlu dipahami bersama.Di dalam rumah tangga, penggunaan motor listrik juga cukup sering kita temukan, misalnya adalah pemakaian kipas angin, pemakaian bor listrik serta pemakaian mixer yang digunakan untuk mencampur berbagai macam adonan masakan.

Ada sebutan khusus di dalam industri untuk motor listrik, yakni dengan “kuda kerja”, terutama pada industri industri besar. Hal tersebut disebabkan karena penggunaan motor listrik pada industri kerja hampir mencapai 75% dari total beban listrik yang ada di industri tersebut.

Prinsip Kerja Motor Listrik

Kembali ke pembahasan utamabahwa pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba mengulas tentang sistem kerja motor listrik. Berikut ini adalah beberapa urutan umum dari sistem kerja motor listrik baik yang diterapkan pada motor listrik berskala kecil maupun pada motor listrik berskala besar.
Arus listrik yang berada pada medan magnet akan berguna untuk memberikan gaya

Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Stavolt Lengkap

Apabila kawat yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dibengkokkan menjadi sebuah loop atau lingkaran, maka akan membuat pada kedua bagian Loop, yakni pada bagian sudut kanan medan magnet akan memperoleh gaya dengan arah yang berlawanan yang akan memproduksi torque atau tenaga putar memutar kumparan

Sejumlah motor akan mempunyai sejumlah loop yang berada di dinamo guna menyalurkan tenaga putaran yang mirip serta Medan magnetnya yang diproduksi oleh sejumlah susunan elektromagnetik yang sering dikenal dengan istilah kumparan Medan.

Pada saat kita mencoba memahami sistem kerja motor listrik, maka kita juga wajib untuk mengetahui apa pengertian dari beban motor listrik. Beban tentunya mengacu kepada keluaran torque atau tenaga putar berdasarkan dengan kecepatan yang dibutuhkan. Beban secara umum bisa dikategorikan menjadi tiga kelompok, yaitu:

  1. Beban torque konstan yakni sebuah beban dimana proses permintaan keluaran energi atau tenaga nya cukup bervariasi dengan kecepatan operasi, akan tetapi torque nya tidaklah bervariasi. Salah satu contoh beban dengan menggunakan torque konstan yakni conveyor, pompa displacement konstan dan rotary kilns.
  2. Beban yang menggunakan variabel torque yang cukup bervariasi dengan adanya kecepatan operasi. Adapun contoh bukan dengan menggunakan variabel torque yakni atau torque bervariasi dengan kuadrat kecepatan, dan pompa sentrifugal.
  3. Beban dengan menggunakan energi konstan, yakni sebuah beban dengan model permintaan torque yang selalu berubah serta berbanding terbalik dengan kecepatan motor. Adapun contoh pada beban dengan daya konstan yakni sejumlah peralatan mesin.
Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Fiber Optik

Beberapa jenis motor listrik

setelah kita memahami secara ringkas sistem kerja motor listrik, maka alangkah baiknya kita juga mengenal tentang jenis-jenis motor listrik yang banyak digunakan di kehidupan sehari-hari. Secara umum, motor listrik dibagi menjadi dua macam, yakni motor listrik AC dan motor listrik DC. Tentunya, perbedaan yang cukup mencolok dari kedua jenis motor listrik tersebut adalah jenis tegangan yang digunakan, Apakah menggunakan listrik bolak-balik atau AC atau menggunakan listrik searah atau DC.

Demikianlah penjabaran singkat tentang sistem kerja motor listrik yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Mudah-mudahan, anda yang memang memiliki hobi elektronika bisa bertambah pengetahuan, wawasan dan ilmunya Sehingga nantinya bisa dimanfaatkan di dalam kehidupan sehari-hari guna memaksimalkan penggunaan motor listrik.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Trafo Menggunakan Multimeter

Cara Mengukur Trafo Menggunakan Multimeter

Kesempatan yang baik ini, saya akan mencoba untuk Sharing Bagaimana cara mengukur trafo menggunakan multimeter. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *