Home / Umum / Kesehatan / Sistem Kerja Otak Lengkap Dengan Anatomi Dan Fungsinya

Sistem Kerja Otak Lengkap Dengan Anatomi Dan Fungsinya

Otak adalah pusat kendali bagi Seluruh aktivitas kegiatan manusia. Otak Nantinya juga merupakan penentu Kesehatan baik psikologis manusia maupun kesehatan fisiknyaapabila otak kita dalam kondisi sehat, maka dapat menunjang kualitas kesehatan yang semakin baik. Akan tetapi, apabila otak kita memiliki masalah, maka dapat berakibat negatif kepada kondisi kesehatan psikologis dan tubuh kita.

Sistem Kerja Otak Lengkap Dengan Anatomi Dan Fungsinya

Otak merupakan salah satu organ manusia yang sangat penting. Apabila otak manusia. Di dalam bekerja selama 1 detik saja, maka akan menyebabkan tubuh kita mengalami kematian.hal tersebut disebabkan karena otak yang akan menentukan manusia untuk bertingkahlaku, merasakan, menyikapi terhadap sesuatu baik di masa depan maupun masa lalu, serta berpikir.

Otak manusia itu senditerdiri dari neokorteks, sistem limbik dan batang otak. Mampu membedakan antara otak makhluk lain dengan otak manusia. Manusia adalah salah satu makhluk hidup yang mempunyai neokorteks atau otak berpikir.

Otak merupakan salah satu organ manusia yang sangat rumit apabila dijelaskan. Diperlukan waktu sampai dengan berhari-hari guna menjelaskan dengan detil mengenai otak. Oleh sebab itulah, makan Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjabarkan beberapa bagian otak secara umum saja guna memberikan pemahamsecara umum untuk anda betapa luar biasanya Allah memberikan anugerah yang satu ini.

Secara umum, otak dibagi kedalam tiga bagian, yakni:

  1. Brain stem atau batang otak
    Neokorteks
    Sistem Limbik

Mari kita bahas satu-persatu ketigayang dari otak diatas

  1. Brainstem atau batang otak

Batang otak memiliki Lokasi ada di bagian bawah tengkorak di mana Di dalam bahasa kedokteran kerap disebut dengan istilah Brainstem. Kegunaan dari batang otak yaitu untuk mengontrol reaksi insting pada saat berbahaya, denyut jantung, pernafasan.

Baca Juga:   Fungsi Utama Vitamin Paling Penting Pada Tubuh

Fungsi dari batang otak nantinya akan memberikan respon terhadap segala macam kejadian yang memiliki sifat insidental. Salah satu contohnya adalah pada saat kita berada di jalan kalau ada seseorang yang akan memukul kita. Tentunya, tentang disadari pentingnya kita akan memiliki reflek untuk menghindar sekaligus akan memberikan pukulan ringan sebagai salah satu bentuk dari pertahanan diri. Pada bagian ini kepadamu tak memiliki peran di dalam mengatur segala macam tindakan pada kondisi Genting.

Sejumlah tindakan refleks tentunya adalah salah satu bukti dari fungsi batang otak. Kondisi reflek tersebut muncul karena adanya stimulus yang berasal dari batang otak terhadap tubuh berkaitan dengan adanya kondisi ancaman maupun perasaan yang kurang nyaman kepada suatu hal.

Batang otak sangatlah berhubungan erat dengan Naluri instingtif pada manusia. Kondisi tersebut bisa terlihat di sejumlah aktivitas manusia sehari-hari, contohnya adalah memperoleh perlindungan, mempunyai keturunan, memiliki tempat tinggal dan mencari makanan.

Manusia yang memiliki kecenderungan dominan memakai kemampuan batang otaknya, Maka manusia tersebut memiliki kecenderungan untuk liar dan kasar. Rata-rata apa yang mereka akan melakukan perbuatan yang mementingkan konsekuensi logis terhadap segala macam perbuatannya.

Tiga bagian batang otak yakni:

  1. Midbrain atau mesencephalon, disebut pula dengan otak Tengah yakni bagian paling atas dari batang otak yang menyambungkan otak kecil dengan otak besar. Fungsi dari otak tengah adalah mengontrol pendengaran dan penglihatan
  2. Medulla oblongata merupakan bagian titik saraf tulang belakang yang berada di sebelah kiri badan menuju kepada bagian kanan badan, Demikian pula sebaliknya. Medulla memiliki fungsi guna mengontrol fungsi dari otomatis otak, seperti Pencernaan, pernafasan, sirkulasi darah, detak jantung, sistem pernafasan.
  3. Pons yang berfungsi guna menentukan apakah kita dalam kondisi tidur atau terjaga. Pons adalah alat pemancar yang berguna untuk memancarkan data kebagian pulsa Kota bersama dengan formasi jenis reticular.
  4. Limbik sistem atau sistem limbik
Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Sel

Sistem limbik memiliki posisi ada di bagian tengah otak. Sistem limbik sering pula dikenal dengan istilah otak mamalia. Di dalam sistem limbik terdapat amygdala, hipokampus dan hipotalamus. Sistem limbik tersebut mempunyai kegunaan yakni sebagai bagian pengendali emosi, serta membantu di dalam memberikan ketahanan pada keseimbangan hormonal, metabolisme, pusat kesenangan, rasa lapar, rasa haus, serta sebagai bagian ingatan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Sistem limbik tentunya mempunyai peranan yang cukup kita di dalam menyampaikan informasi yang sudah diterima ke dalam sistem memori atau otak manusia. Sistem memori pada manusia tentunya sangat berkaitan erat dengan adanya kemampuan emosi otak.

Pada sistem limbik juga terdapat komponen yang bernama hipotalamus yang berguna sebagai salah satu elemen yang cukup penting dari otak manusia. Hipotalamus memiliki posisi ada di bagian tengah otak manusia. Bagian dari hipotalamus di manusia sudah bekerja pada saat janin didalam kandungan memiliki usia 18 minggu dan akan memiliki fungsi penuh pada saat bayi dilahirkan.

Hipotalamus adalah salah satu inti dari kekuatan emosi pada manusia. Fungsi dari hipotalamus yakni guna mengontrol suhu tubuh, minum, makan, emosi, hasrat, bangun, tidur, keseimbangan kimiawi, serta untuk mengatur Kelenjar utama yang berasal dari otak yaitu kelenjar pituitary Gland.
Sistem limbik merupakan tempat dimana rasa cinta dan kejujuran bersemayam. Yang menyebabkan dengan sebutan alam bawah sadar ataupun ketidaksadaran kolektif yang mana akan diwujudkan di dalam bentuk perilaku yang baik.

  1. Neokorteks
Baca Juga:   Sistem Kerja Saraf Pada Manusia

Neokorteks memiliki sebutan lain, yakni otak berpikir Dimana merupakan bagian yang paling luar dari otak manusia. Neokorteks memiliki fungsi di dalam mengendalikan segala macam sesuatu yang memiliki sifat rasional. Korteks juga lebih dikenal dengan sebutan pusat kecerdasan pada manusia yang tentunya tidak dimiliki oleh makhluk hidup.

Korteks juga mempunyai fungsi supaya kita bisa mengendalikan otak nafsu atau otak reptil serta emosinya di dalam sistem limbik. Rekor tak akan menjadikan manusia untuk bisa memiliki kemampuan berpikir secara rasional, selalu berhati-hati dan penuh dengan pertimbangan.

Apabila neokorteks bisa lebih mendominasi dibandingkan dengan otak emosi, maka tentunya akan bisa menghasilkan gagasan yang cemerlang dan kreativitas yang tinggi. Neokorteks juga memiliki fungsi di dalam menumbuhkan semangat, motivasi serta bisa memunculkan kesan yang tidak intimidasi maupun proses yang membahayakan. Neokorteks memiliki tanggung jawab kepada sejumlah keterampilan yang dimiliki oleh manusia. Neokorteks tersebutlah yang nantinya mampu untuk mendefinisikan manusia seutuhnya.

Demikianlah penjabaran singkat tentang sistem kerja otak manusia secara lengkap termasuk adalah penjabaran anatomi dan fungsinya masing-masing. Mudah-mudahan, sedikit informasi di atasdapat menambah ilmu dan wawasan anda di bidang kesehatan. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Tinggi Badan Anak

Cara Mengukur Tinggi Badan Anak Dengan Paling Mudah Dan Cepat

Ada sebuah iklan yang berbunyi ” tumbuh itu keatas bukan kesamping”, dimana slogan dari perkembangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *