Home / Elektronika / Skema Rangkaian Adaptor Mini Dan Sederhana

Skema Rangkaian Adaptor Mini Dan Sederhana

Pada masing-masing peralatan elektronika pastinya memerlukan pasokan energi listrik dengan besaran tertentu dan untuk memenuhi pasokan energi dengan besaran tertentu membutuhkan power supply atau sering dikenal dengan istilah adaptor. Contoh dari peralatan elektronika tersebut diantaranya adalah amplifier, komputer , DVD player dan televisi. Pada kesempatan yang baik ini, ijinkan saya untuk berbagi skema rangkaian adaptor Mini dan sederhana yang tentunya Bisa Anda coba terapkan pada beberapa peralatan elektronika di atas.

Skema Rangkaian Adaptor

Pada dasarnya, adaptor atau power supply ragam dan modelnya sangatlah banyak. Namun demikian , sebagai seorang pemula seperti penulis , tentunya bisa diawali belajar membuat rangkaian adaptor Mini dan sederhana terlebih dahulu sebagai dasarnya. Walaupun sifatnya Mini dan sederhana , tentunya rangkaian adaptor tersebut tetap dapat kita manfaatkan guna mencapai daya sejumlah rangkaian elektronika , contohnya adalah lampu hias , lampu flip-flop , rangkaian sirine dan beberapa peralatan elektronika lainnya yang membutuhkan daya kecil.

Skema rangkaian adaptor Mini dan sederhana

Baiklah, di bawah ini akan saya Tampilkan contoh dari skema rangkaian Adaptor Mini dan sederhana yang bisa Anda coba Praktekkan

Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Stavolt Lengkap

1. Gambar skema rangkaian adaptor Mini dan sederhana

Skema Rangkaian Adaptor

Daftar komponen yang dibutuhkan untuk membuat skema skema rangkaian adaptor mini dan sederhana:

  • Elektrolit kondensator atau elko dengan ukuran 1000 mikro farad 16 volt
  • 4 buah dioda atau dioda bridge
  • Transformator

Contoh pengkabelan pada adaptor mini:

Skema Pengkabelan Rangkaian Adaptor

2. Gambar skema rangkaian adaptor dengan CT

Skema Rangkaian Adaptor trafo CT

Daftar komponen yang dibutuhkan untuk membuat skema skema rangkaian adaptor mini dan sederhana dengan CT

  • Elektrolit kondensator atau elko sejumlah 2 buah
  • 4 buah dioda atau dioda bridge
  • Transformator CT

Contoh Pengkabelan skema adaptor trafo CT:

Skema pengkabelan Rangkaian Adaptor trafo CT

Penjelasan skema rangkaian adaptor

Pada dasarnya, kapasitas dari dioda dan Elco dapat disesuaikan dengan besarnya trafo serta tegangan keluaran yang diinginkan. Oleh karena itu , apabila anda memiliki keinginan untuk membuat adaptor dengan tegangan keluaran di bawah 12 volt, maka anda dapat memakai elko dengan tegangan 16 volt. Sementara itu, nilai dari kapasitas elko itu sendiri alangkah baiknya di atas 1000 mikrofarad, artinya semakin besar akan semakin baik.

Baca Juga:   Cara Menggunakan Genset Supaya Lebih Awet

Apabila tegangan keluaran yang diinginkan antara 15 volt sampai dengan 20 volt, anda dapat memakai elko dengan tegangan kerja 25 volt , begitu juga selanjutnya. Bagian yang paling penting yaitu besarnya tegangan elektrolit kondensator jangan sampai sama, apalagi berada di bawah tegangan keluaran dari adaptor.

Berikutnya, untuk ukuran dioda tentunya Anda dapat memilih jenis dioda silikon dan ukurannya disesuaikan dengan ukuran arus dari trafo. Tentunya, semakin besar ukuran arus trafo akan semakin besar pula dioda yang anda pasang. Pada gambar di bagian atas, terdiri atas dua jenis trafo. Trafo yang pertama yaitu trafo biasa non CT , bekerja pada tegangan 0-12 volt. Sementara itu, trafo yang kedua adalah trafo CT yang menghasilkan keluaran +, 0, – yang mana hal tersebut ditandai dengan 3 output tegangan. Biasanya , trafo jenis CT dipakai untuk mensuplai ke jenis peralatan amplifier OCL

Demikianlah penjabaran singkat tentang skema rangkaian adaptor Mini dan sederhana yang bisa Anda coba praktekkan sendiri di rumah. Namun, sebenarnya dengan menggunakan beberapa komponen tertentu, tentunya Anda bisa membuat adaptor dengan tegangan dan arus tertentu, menyesuaikan dengan kebutuhan. Semakin besar arus trafo yang digunakan, maka akan semakin besar pula beban peralatan yang bisa diangkat. Terima kasih dan selamat mencoba , Semoga berhasil.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel CCTV Jenis Coaxial Yang Putus

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Skema Rangkaian Inverter Sederhana Berdaya Besar

Skema Rangkaian Inverter Sederhana Berdaya Besar

Skema rangkaian inverter sederhana berdaya besar dari tegangan DC ke AC yang akan saya berikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *