Home / Elektronika / Skema Rangkaian BBE Paling Simple Namun Sangat Mantap Bassnya

Skema Rangkaian BBE Paling Simple Namun Sangat Mantap Bassnya

Sebelum kita membahas tentang skema rangkaian BBE, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu rangkaian BBE. Kata BBE memiliki kepanjangan bass boster expander. Rangkaian BBE adalah sebuah prosesor yang berfungsi guna mengolah audio atau suara supaya didapat audio yang suaranya tambah wow dan bekerja pada frekuensi rendah. Rangkaian BBE rata-rata dipakai pada perangkat sound system yang berada di luar ruangan atau sering dikenal dengan istilah sound system outdoor.

Rangkaian Audio BBE

Rangkaian BBE sebenarnya juga dapat dipakai di dalam speaker in door, sebab sebuah power amplifier memakai perangkat ini bisa dipastikan suaranya akan lebih nendang, lebih terasa getarannya di dada, meskipun semuanya sangat tergantung kepada besarnya power amplifier.

Apabila power amplifier berukuran kecil, maka biasanya tidak akan mampu untuk menambah besarnya bass, bahkan dapat membuat suara jadi nggeprek. Jadi intinya suara yang bisa dibangkitkan oleh sound system sangat tergantung kepada kemampuan dari power amplifier. Apabila kekuatan power amplifier sudah cukup mumpuni, maka kemampuannya akan bertambah bagus apabila ditambahkan rangkaian BBE.dari sisi harga, rangkaian BBE memang sedikit mengalami kenaikan, di mana dulu saya pernah membeli rangkaian BBE seharga di bawah Rp. 100.000 pada tahun 2012, namun sekarang harganya sudah naik yakni seharga Rp. 130.000.

Baca Juga:   Apakah Pengaruh Arah Arus Listrik Terhadap Arah Medan Magnet

Skema rangkaian BBE

Sebenarnya, daripada kita membeli rangkaian skema rangkaian BBE yang sudah jadi, lebih baik kita bisa belajar merakit rangkaian skema rangkaian BBE sendiri karena bisa dipastikan akan mengeluarkan dana yang lebih kecil dibandingkan dengan membeli yang sudah jadi. Untuk membantu anda supaya lebih mudah merakit rangkaian BBE, berikut ini akan saya tampilkan skema rangkaian skema rangkaian BBE.

Beberapa komponen yang perlu anda persiapkan untuk merakit skema rangkaian BBE adalah sebagai berikut:

  1. Box untuk menampung PCB rangkaian
  2. Kabel head
  3. Kabel Rakit
  4. I rangkaian BBE
  5. Trafo ukuran 2 Ampere

Apabila seluruh komponen diatas sudah tersedia, silakan anda rakit berdasarkan skema rangkaian BBE di bawah ini:

Skema Rangkaian BBE

Ketika anda merakit rangkaian BBE sangat disarankan untuk memakai kabel head di jalur audio seperti pada bagian output dan input. Tujuannya supaya audio yang dihasilkan lebih bersih dan minim adanya dengungan. Proses pemasangan rangkaian BBE tersebut adalah pada bagian input sebelum masuk ke bagian power amplifier setelah bagian mixer. Jadi urutannya adalah dari mixer, BBE, baru ke power amplifier. Apabila anda ingin menambahkan perangkat yang lainnya, misalnya adalah parametrik, equalizer atau perangkat pendukung lainnya, maka alur pemasangannya adalah dimulai dari mixer, equalizer, BBE, lalu power amplifier.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Headset

Berdasarkan pengalaman yang pernah saya dapatkan ketika diadakan acara konser dangdut, saya sudah pernah untuk mencoba memakai perangkat yang cuma memakai 2 unit power amplifier, 1 buah rangkaian BBE, 1 buah crossover aktif, dan satu buah mixer. Ternyata, hasil yang didapat tidak kalah bagusnya dengan yang memakai perangkat tambahan yang lainnya. Letak perbedaannya hanyalah adalah jika memakai parametrik, equalizer dan yang sejenisnyadi mana suara yang dihasilkan akan lebih relevan atau dapat diatur sesuai dengan keinginan. Namun demikian, berbicara mengenai nada rendah tentu tidak kalah kemantapan nya.

Demikianlah penjabaran singkat tentang skema rangkaian BBE yang bisa saya ulas pada posting di kesempatan kali ini. Mudah-mudahan, bagi anda yang sekarang ini sedang melakukan uji coba pada sound system untuk memperoleh nada bass atau nada rendah yang mantap, anda bisa mencoba untuk menggunakan BBE. Siapa tahu, setelah anda memakai BBE dan didukung dengan power amplifier yang bagus, nada rendah dari sound system anda akan semakin mantap. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga berhasil.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Antena TV Yang Benar

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Biaya Listrik

Cara Menghitung Biaya Listrik Untuk Semua Golongan

Untuk para pemakai listrik jenis pascabayar, maka tentunya wajib untuk anda memahami cara mengetahui dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *