Home / Elektronika / Skema Rangkaian CCTV Sederhana Dan Murah Bermodalkan Webcam

Skema Rangkaian CCTV Sederhana Dan Murah Bermodalkan Webcam

Aksi pencurian yang semakin merajalela membuat sistem proteksi pada sisi keamanan harus semakin ditingkatkan. Tentunya, Salah satu bagian yang cukup penting untuk meningkatkan Sisi keamanan adalah dengan memasang CCTV atau closed circuit television. Hanya saja, tidak semua dari kita memahami skema rangkaian CCTV sehingga kadangkala akan merasa kebingungan manakala hendak memasang CCTV tersebut, baik di rumah, pertokoan, kawasan parkiran, dan sejumlah tempat lain yang ingin ditingkatkan keamanannya.

Skema rangkaian CCTV

Disamping pemahaman tentang skema rangkaian CCTV yang belum begitu baik, harga dari paketan CCTV juga cukup mahal. Bagi sebuah usaha yang belum memiliki pendapatan cukup tinggi tentunya belum sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli CCTV. Padahal, dari sisi keamanan usaha tersebut harus segera ditingkatkan. Mau tidak mau tentunya Anda harus berpikir ekstra keras guna bisa memasang CCTV dengan biaya yang terjangkau.

Anda tentunya tidak perlu khawatir karena kita ternyata bisa merangkai sendiri CCTV dengan biaya yang lebih murah dari biaya asli paketan pemasangan CCTV. Meskipun, dengan biaya yang murah tersebut maka kualitas perekaman dari kamera CCTV masih belum sebaik CCTV yang harganya mahal. Namun, walaupun kualitasnya belum begitu baik Namun anda sudah bisa meningkatkan Sisi keamanan dari suatu tempat.

Baca Juga:   Cara Merawat Tv Led Agar Awet

Skema rangkaian CCTV

Lalu, apa saja komponen-komponen atau bahan dan alat yang dibutuhkan untuk merakit rangkaian CCTV tersebut?Dengan berlabel CCTV sederhana, maka kita bisa merakit rangkaian CCTV dengan beberapa bahan dan alat di bawah ini:

  1. 1 buah gunting
  2. Solder lengkap dengan timahnya
  3. Tang pemotong
  4. Isolasi berwarna hitam
  5. Kabel LAN jenis UTP dengan panjang 2.5 meter dan Bisa anda perpanjang maksimal sampai dengan 10 meter
  6. Kamera webcam dengan merk apa saja Seharga sekitar 60 ribuan

Cara merakit skema rangkaian CCTV

Adapun langkah-langkah untuk merakit skema rangkaian CCTV adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, silakan Anda potong kabel LAN jenis UTP kurang lebih 6 cm menggunakan gunting guna melepas atau mengupas Sisi lapisan paling luar, di mana nantinya akan terlihat sejumlah kabel berwarna-warni sejumlah 8.
  2. Silakan Anda potong kabel webcam yang berada di dekat colokan USB Sehingga nantinya akan terpisah bagian kabel yang menuju webcam dan bagian kabel yang menuju colokan USB dengan panjang sekitar 10 cm.
  3. Kupaslah bagian ujung kabel webcam memakai gunting sampai dengan terlihat sejumlah kabel berwarna-warni yang ada di dalamnya dengan jumlah 4 utas, yakni biru, putih, hitam dan merah.
  4. Lanjutkan penyambungan ujung-ujung kabel pada UTP dengan ujung-ujung kabel pada kabel webcam dengan ketentuan warna merah ke warna orange, warna hitam ke warna biru, warna putih ke warna coklat, dan warna hijau ke warna hijau.
  5. Selanjutnya, kabel-kabel pada kabel UTP yang ada warna garis putihnya dipotong saja, sebab tidak akan dipakai.
  6. Selanjutnya, silakan Anda sambungkan masing-masing ujung kabel pada kabel UTP ke bagian ujung kabel pada kabel webcam seperti aturan di atas.
  7. Lakukan penyolderan pada masing-masing sambungan kabel menggunakan solder dan timah supaya terpasang dengan kuat
  8. Lakukan pembungkusan masing-masing sambungan yang telah disolder dengan memakai isolasi warna hitam
  9. Langkah berikutnya, silakan Anda sambungkan kembali ujung lain dari kabel UTP dengan bagian ujung kabel USB seperti pada langkah diatas.
  10. Silakan Anda sambungkan bagian ujung JSP ke komputer atau laptop
  11. Pasangkan webcam pada tempat yang diinginkan
  12. Silakan Anda buka program aplikasi yang bernama webcam Pro pada komputer atau laptop. CCTV sederhana pun sudah dapat untuk dipakai.
  13. Software sederhana yang bernama webcam Pro tersebut dapat dipakai guna merekam gambar yang ditangkap oleh CCTV sederhana bermodalkan webcam
Baca Juga:   Sistem Kerja Pompa Air

Demikianlah penjabaran singkat tentang skema rangkaian CCTV yang bisa saya ulas pada kesempatan yang baik ini. Mudah-mudahan, bagi anda yang sedang menginginkan pengamanan sederhana pada beberapa tempat bisa mengaplikasikan cara membuat rangkaian CCTV sederhana ini dan mendapatkan manfaat semaksimal mungkin. Selamat berkreasi dan semoga berhasil, Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Ampere Dengan Multitester

Cara Mengukur Ampere Dengan Multitester Paling Mudah

Bagi yang sudah Mahir di dunia elektronika maupun kelistrikan tentu tidak akan memiliki masalah tentang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *