Home / Elektronika / Skema Rangkaian Mixer Handal Dan Sederhana

Skema Rangkaian Mixer Handal Dan Sederhana

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai skema rangkaian mixer, marilah kita memahami apa itu rangkaian audio mixer. Audio mixer Merupakan sebuah perangkat Elektronika yang memiliki kegunaan untuk mencampurkan audio yang berasal dari sejumlah input audio menjadi satu output audio. Secara umum, rata-rata mixer yang ada sekarang ini memakai op amp. Audio mixer terdiri atas beberapa bagian, yakni pree amp, tone control dan Adder.

Mixer Audio Sederhana

Secara luas, audio mixer dipakai pada sejumlah keperluan, Contohnya adalah pada studio rekaman,Sistem penguatan bunyi, sistem panggilan publik, sistem penyiaran televisi maupun radio,Sistem penguatan bunyi dan juga pada bagian produksi akhir pembuatan film. Sebuah contoh penerapan yang cukup sederhana, misalnya adalah pada kegiatan pertunjukan musik, maka sangat tidak efisien apabila kita memakai satu amplifier untuk masing-masing peralatan, misalnya adalah suara vokal penyanyi, gitar, piano, drum, dan instrumen yang lainnya.

Pada kondisi tersebut, tentunya rangkaian mixer merupakan salah satu peralatan yang cukup penting yang berguna sebagai titik untuk mengumpulkan audio dari sejumlah mikrofon yang terpasang, sekaligus untuk mengatur level audio sehingga kesimbangan dari level bunyi akan terjaga, baik yang berasal dari alat musik maupun vokal sebelum nantinya akan diumpankan ke power amplifier.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Tweeter Mobil

Skema Rangkaian Mixer

Pada bagian di bawah ini akan coba saya tampilkan skema rangkaian amplifier yang sederhana, namun bisa bekerja dengan cukup handal. Silakan Anda coba untuk pelajari, barangkali Anda cukup tertarik untuk merakit nya sendiri.

Skema Rangkaian Mixer Handal Dan Sederhana

Skema rangkaian mixer di atas merupakan salah satu jenis mixer yang cukup populer digunakan pada mikrofon. Namun demikian, anda juga bisa memanfaatkan untuk beberapa sumber audio yang lainnya. Nantinya, output dari rangkaian mixer akan dikirimkan ke Peralatan crossover dan pada akhirnya baru diumpankan ke bagian power amplifier dan pada akhirnya akan didapat hasil yang didengar melalui loadspeaker.

Skema rangkaian mixer dibuat pada 4 penguatan yang keseluruhannya diatur oleh komponen IC SSM2024. Adapun kebutuhan arus listrik untuk mengoperasikan mixer tersebut yaitu mulai dari 5 mili ampere sampai dengan 9 mili ampere. Noise atau sinyal rasio yang dihasilkan yaitu 90 DB, dengan Bandwidth selebar 130 khz. IC SSM2024 Mampu bekerja dengan cukup baik pada tegangan listrik di antara 9 volt sampai dengan 18 volt. Namun, performa paling baik dicapai pada tegangan 15 volt.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Lampu Pijar Pada Kendaraan

Demikianlah ulasan singkat tentang skema rangkaian mixer yang cukup sederhana namun sangat handal untuk digunakan mencampur berbagai macam sumber audio yang nantinya bisa dijadikan satu untuk diumpankan ke amplifier dan pada akhirnya bisa didengar lewat loadspeaker. Mudah-mudahan, berangkat dari rangkaian mixer yang sederhana ini mampu membuat anda lebih termotivasi untuk menciptakan rangkaian mixer yang lebih kompleks. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga sukses.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Lampu Emergency Mati

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Lampu Emergency Mati

Di kesempatan kali ini penulis akan mencoba membahas tentang penyebab dan cara memperbaiki lampu emergency …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *