Home / Elektronika / Skema Rangkaian Sensor Cahaya Untuk Membuat Lampu Menyala Otomatis

Skema Rangkaian Sensor Cahaya Untuk Membuat Lampu Menyala Otomatis

Apakah sekarang ini anda cukup penasaran dengan skema rangkaian sensor cahaya? Untuk Anda yang masih merasa penasaran Bagaimana teknik membuat rangkaian sensor cahaya dengan memanfaatkan komponen LDR sebagai komponen utamanya, maka pada posting kali ini saya akan mengupas tentang cara kerja dari komponen LDR yang berfungsi sebagai sensor cahaya yang mana bisa dimanfaatkan pada sejumlah keperluan di kehidupan sehari-hari.

Skema Rangkaian Sensor Cahaya

Kadangkala, kita mendapatkan kesulitan pada proses penerapan sensor cahaya yang berfungsi sebagai saklar maupun sebagai pengganti dari saklar analog, bukan disebabkan karena adanya keterbatasan dana, akan tetapi disebabkan minimnya pengetahuan dan juga kreativitas yang masih cukup rendah sehingga menjadikan kita merasa kesulitan untuk menemukan ide yang cukup sederhana guna menerapkan hal tersebut di kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi, hal tersebut bukan berarti kita tidak bisa merangkai skema rangkaian sensor cahaya sendiri. Dengan mempelajari beberapa teknik dasar di dunia elektronika tentunya akan memberikan dampak kepada kita lebih Mahir di dalam merancang sekaligus merakit berbagai macam skema elektronika, salah satunya adalah rangkaian sensor cahaya.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Telepon

Ada kemungkinan, anda sudah pernah mendapatkan materi mengenai skema rangkaian sensor cahaya pada saat Anda sekolah dahulu. Sebab, prinsip kerja dari rangkaian elektronika, dalam hal ini yaitu Bagaimana membuat rangkaian sensor cahaya sederhana dengan menggunakan komponen yang sederhana pula, tetapi bisa bekerja secara optimal dan dapat dipakai pada sejumlah keperluan.

Akan tetapi,Alangkah baiknya apabila kita benar-benar memahami sistem kerja dari rangkaian sensor cahaya. Ketika kita mampu untuk memahami sistem kerja dari rangkaian sensor cahaya tersebut, maka peluang kita untuk bisa mengembangkan ke rangkaian yang lebih kompleks akan terbuka semakin lebar dan pada akhirnya berbagai rangkaian elektronika bisa diciptakan untuk digunakan di kehidupan sehari-hari sehingga pada akhirnya sejumlah pekerjaan bisa terbantu.

Skema Rangkaian Sensor Cahaya Atau Lampu Malam

Adapun materi yang akan dibahas Pada kesempatan kali ini secara umum menuju prinsip kerja dari sensor cahaya yang digunakan pada lampu taman. Sistem kerjanya adalah ketika tidak ada cahaya, maka komponen LDR akan membaca serta membuat fungsi lampu malam bekerja. Prinsip kerja tersebut sebenarnya tidak mudah diterapkan pada rangkaian sensor cahaya, akan tetapi Alangkah baiknya apabila kita mencari referensi dengan berpedoman pada prinsip dasar dari sensor gelap atau sensor cahaya tersebut dengan cara membuat sendiri skema rangkaian sensor cahaya memakai LDR.

Baca Juga:   Sistem Kerja Kompresor AC

Di bawah ini merupakan contoh sederhana dari skema rangkaian sensor cahaya atau sensor gelap yang nantinya akan bekerja pada saat kondisi gelap, dalam hal ini yakni guna menyalakan lampu LED, atau dapat pula digunakan sebagai saklar lampu taman pada penerapan aslinya.

Skema Rangkaian Sensor Cahaya Untuk Membuat Lampu Menyala Otomatis

Teknik di dalam membuat merangkai skema rangkaian sensor cahaya maupun lampu taman seperti pada gambar di atas Yakni dengan cara terlebih dahulu memahami komponen yang dibutuhkan, dalam hal ini yaitu berbagai macam hal yang memang benar-benar dibutuhkan serta bisa ditemukan di toko elektronika.

Komponen inti yang digunakan yaitu transistor seri BC 557 serta LDR yang berfungsi sebagai sensor cahaya. Selanjutnya, ditambahkan pula 1 buah resistor yang berfungsi sebagai penahan arus listrik serta sebuah LED yang berfungsi sebagai indikator. Kepekaan dari sensor cahaya tersebut bisa disetting dengan cara menambahkan satu buah potensiometer maupun trimpot guna mengimbangi tahanan dari komponen LDR.

Bagian yang paling akhir yaitu tegangan listrik yang dipakai merupakan tegangan DC 6 Volt yang berfungsi untuk menyalakan lampu LED sehingga harus dilakukan proses penyetelan terlebih dahulu pada bagian trimpod sehingga nilai kepekaan dari LDR bisa diatur. Ketika penyetelan bisa dilakukan dengan tepat, maka akan didapat seberapa bagus sensor yang ada bisa bekerja pada saat tidak tersedia cahaya yang mengenai komponen LDR tersebut.

Baca Juga:   Sistem Kerja Kontaktor Untuk Mendapatkan Magnet

Sekian penjabaran singkat tentang skema rangkaian sensor cahaya sederhana yang bisa anda aplikasikan untuk membuat lampu taman bisa menyala maupun mati secara otomatis berdasarkan kondisi lingkungan. Pada saat siang hari, maka lampu taman akan mati sendiri, demikian pula di saat malam hari, lampu taman akan menyala sendiri. Selamat mencoba, selamat berkreasi dan semoga sukses.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Indikator AC Mati Pada AC Merek Aqua

Penyebab Lampu Indikator AC Mati Pada AC Merek Aqua

Memiliki AC Aqua buatan Jepang namun secara tiba-tiba lampu indikator di AC yang menayangkan power, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *